Proses Menggunakan Sistem Assist.id mulai dari Persiapan hingga Pelatihan
Tutorial /Panduan Persiapan - Penggunaan Sistem Assist.id/Proses Menggunakan Sistem Assist.id mulai dari Persiapan hingga Pelatihan
Hai Rekan Assist.id, pada kesempatan kali ini dalam artikel ini kita akan menjelaskan proses dalam menggunakan sistem Assist.id mulai dari persiapan hingga pelatihan.
Jika dibutuhkan klinik dapat menggunakan layanan Onboarding Assistance (opsional). Onboarding Assistance adalah Layanan premium untuk membantu klinik mulai menggunakan sistem Assist.id. Akan ada group whatsapp khusus selama Onboarding Assistance.
Proses Onboarding meliputi bantuan untuk pembuatan akun master klinik, setup akun klinik, setup akun dan hak akses team klinik, bantuan migrasi data dari excel (data dari klinik langsung, tidak termasuk data entry) dan bantuan settings klinik.
Silahkan menghubungin Tim Assist.id untuk mendapatkan layanan ini.
1. Persiapan
Perangkat dan Koneksi Internet
Agar dapat berjalan dengan baik, maka Klinik perlu menyiapkan perangkat dan koneksi internet. Adapun kebutuhan perangkat tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan di Klinik.
Baca Selengkapnya : Rekomendasi Perangkat dan Koneksi Internet
Berikut adalah contoh penggunaan perangkat pada beberapa tipe kesehatan:
- Praktek Mandiri : Minimal 1 perangkat laptop / tablet yang dapat digunakan oleh Dokter/Bidan tersebut untuk menangani mulai dari pendaftaran, scheduling, rekam medis, pembayaran hingga laporan. Apabila terdapat asisten yang membantu, Anda bisa menambahkan 1 perangkat lagi, sehingga Dokter/Bidan bisa fokus pada Rekam Medis.
- Klinik Pratama : Minimal 2 perangkat Laptop / Tablet. 1 Perangkat laptop dapat digunakan oleh Admin yang menangani mulai dari pendaftaran, apotek hingga pembayaran.
- Klinik Utama : 3 Perangkat ditambah 1 perangkat per Poli. 3 Perangkat tersebut bisa digunakan oleh bagian Pendaftaran, Kasir, Apotek. Kemudian 1 perangkat di setiap poli yang tersedia yang akan digunakan oleh tenaga medis yang dapat berupa Laptop atau Tablet.
Baca Juga : Tips Agar Sistem Berjalan Lancar
Data Klinik yang Dibutuhkan
Kemudian kebutuhan selanjutnya adalah data-data klinik yang akan dipindahkan kedalam Sistem Assist.id, diantaranya:
- Data Obat
- Data Bahan Habis Pakai
- Data Prosedur / Tindakan
Klinik bisa menyiapkan data-data tersebut dalam format Excel. Apabila sebelumnya data tersebut masih berupa kertas maka klinik bisa membuat data Excelnya dan apabila Klinik sebelumnya telah menggukanan Sistem, maka Klinik dapat melakukan export data-data tersebut terlebih dahulu.
Setelah data-data tersebut tersedia, selanjutnya Anda dapat melakukan proses Import Data ke dalam Sistem Assist.id
2. Proses Import Data
Pada proses import data klinik ke dalam sistem Assist.id diperlukan Akun untuk masuk ke dalam sistem. Anda dapat menghubungi Tim Assist.id melalui nomor WA.ME/682248007100.
Tim Assist.id akan memberikan Akun Master kepada Klinik untuk akses ke dalam Sistem Assist.id klinik tersebut. Dalam proses Import Data, Klinik dapat mendelegasikan tugas tersebut, dengan cara membuatkan Akun staff beserta Hak Akses untuk import data.
Baca juga : Cara Membuat Akun Staff dan Hak Akses
Perlu diingat bahwa setiap Akun harus dapat dipertanggung jawabkan oleh pemegangnya, maka dari itu Akun tersebut perlu dijaga baik-baik jangan sampai 1 akun digunakan oleh berbagai pihak.
Untuk proses Import Data, Anda dapat membacanya pada link artikel dibawah ini:
Baca Juga : Cara Import Data menggunakan Fitur Entry Data
3. Setup Akun Pengguna Sistem
Langkah selanjutnya adalah membuat akun untuk semua pengguna sistem diantaranya:
- Admisi
- Kasir
- Apoteker
- Tenaga Medis
- Manajemen hingga Owner
Baca selengkapnya : Cara Membuat Akun Staff dan Hak Akses
4. Training Tim Klinik Menggunakan Sistem
Setelah semua Tim Klinik telah memiliki Akun masing-masing, selanjutnya adalah tahap pelatihan dalam menggunakan sistem.
Assist.id telah menyiapkan artikel-artikel untuk dapat dipelajari secara mandiri sehingga pada pertemuan Training, Tim klinik telah memiliki dasar pengetahuan mengenai penggunaan sistem sehingga bisa mempercepat dalam menguasai sistem assist.id.
Anda dapat melihat Artikel tersebut pada link dibawah ini:
- Modul Rawat Jalan
- Modul Registrasi
- Modul EMR
- Modul Kasir
- Modul Apotek
- Modul Akreditasi
- Modul Office
- Modul Settings
Selanjutnya, klinik dapat mengatur jadwal Training bersama Tim Assist.id sesuai dengan kuota training yang didapatkan.
Pertanyaan dan Saran
Sebagai pelayanan yang prima, Assist.id menyediakan berbagai channel untuk Anda yang dapat dihubungi untuk mengirimkan pertanyaan dan saran pengembangan sistem. Berikut ini adalah channel untuk menghubungi Assist.id:
- Live Chat dalam sistem Assist.id, Di sebelah kanan bawah sistem

- WhatsApp WA.ME/682248007100
- Sistem Ticketing Freshdesk

Sekian Artikel bagaimana proses dalam menerapkan sistem Assist.id di Klinik Anda mulai dari persiapan hingga pelatihan dan penggunaan. Semoga bermanfaat dan dapat diimplementasikan dengan baik.
Helpdesk Assist.id
Terima kasih telah telah setia menggunakan Assist.id, semoga pembaruan ini memberikan kemudahan bagi para pengguna semua. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai produk atau cara penggunaannya, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui :
Fitur Live Chat di dalam sistem Assist.id yang terletak pada bagian kanan bawah
Selain itu bisa menggunakan Whatsapps Customer Care Assist.id