FAQ-SATUSEHAT
Tutorial /Integrasi Satu Sehat/FAQSATUSEHAT
SATU SEHAT Solusi Data Kesehatan Terintegrasi, Tapi Kok Masih Bingung Ya? Nah, di sini kita bakal bahas pertanyaan-pertanyaan paling sering ditanyakan (FAQ) tentang SATU SEHAT dengan bahasa yang santai dan mudah dipahami. Yuk, simak penjelasannya! 😊✨
Bagaimana Cara Cek Data Kita Sudah Terkirim ke Satu Sehat?
- Melalui Sistem Assist.id Anda bisa melihat status data yang sudah terkirim atau yang masih tertunda. Buka menu Registrasi > SATU SEHAT > Monitoring di sistem Assist.id.
- Melalu Website Monitoring Resmi SATU SEHAT Anda dapat memantau aliran data yang sudah masuk atau belum ke data SATU SEHAT, Kunjungi halaman resmi monitoring data SATU SEHAT Satu Sehat Kemenkes
Kenapa Kita Masih Dapat Teguran Padahal Kita Sudah Daftar ?
- Aliran Data Tidak Konsisten: Pengiriman data dihitung mingguan dan bulanan. Jika tidak rutin, persentase capaian akan rendah.
- Penggunaan Sistem Tidak Berkala: Jika input data rekam medis tidak dilakukan setiap hari, data dianggap tidak aktif.
- Capaian di Bawah 50%: Jika pengiriman data di bawah 50%, sistem akan memberi teguran.
Lakukan input data secara rutin dan konsisten, serta cek dashboard monitoring SATU SEHAT secara berkala.
Kenapa Logo Satu Sehat Tidak Muncul?
- NIK Tenaga Medis Belum Memiliki IHS ID Pastikan tenaga medis sudah terdaftar di SISDMK (Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan).
- NIK Pasien Belum Memiliki IHS ID Pastikan pasien sudah terdaftar di aplikasi SATU SEHAT Mobile dan memiliki IHS ID.
Jika kedua hal ini sudah dipastikan, logo SATU SEHAT seharusnya akan muncul dengan normal.
Error 'User Data is Invalid' saat Ubah Nama Vendor RME?
- Pastikan Data Penanggung Jawab Faskes dan Kontak SATU SEHAT ID Sudah Diisi Periksa kembali kelengkapan data penanggung jawab dan kontak di sistem registrasi.
- Laporkan ke Dinkes atau Helpdesk Kemenkes: Jika masalah belum terselesaikan, laporkan langsung ke Dinkes Provinsi atau Helpdesk Kemenkes melalui:
- Email resmi Kemenkes: kontak@kemkes.go.id
- Telegram: https://t.me/+JFdI3Cavxu43NWE1
- Tanggung Jawab Kendala Registrasi: Kendala pada halaman registrasi Fasyankes dan DFO sepenuhnya menjadi tanggung jawab Kemenkes.
- Peran Vendor: Jika ada masalah teknis yang terkait dengan sistem RME, vendor dapat membantu memastikan integrasi berjalan dengan benar. Tetap lakukan pelaporan berulang jika respons belum diterima dan pantau melalui jalur komunikasi yang tersedia.
Kode API Tidak Muncul Meski Sudah Hubungi Helpdesk?
Karena kode API langsung dikeluarkan oleh Kemenkes melalui DTO(Digital Transformation Office) Sehingga apabila terjadi kendala tidak muncul nya kode API maka sepenuhnya adalah tanggungjawab DTO Kemenkes. Untuk kendala tersebut bisa di FU secara berkala kepada pihak kemenkes melalui link grup telegram tersebut : https://t.me/+JFdI3Cavxu43NWE1
Data 50% itu diambil dari mana?
Data tersebut diambil dari tarikan data mingguan hingga bulanan yang menghitung persentase dan konsistensi jumlah pengiriman data ke satu sehat
Dashboard satu sehat kemenkes
Kenapa Nama Faskes Tidak Muncul di SDMK?
Pastikan tenaga medis sudah terdaftar di SISDMK (Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan) Dinas Kesehatan. Jika data faskes belum terintegrasi, nama faskes tidak akan muncul di SATU SEHAT SDMK.
Tidak Bisa Login Setelah Ganti Password di RegFasyankes?
- Periksa Format Password: Pastikan password baru sudah memenuhi format yang benar: huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.
- Cek Email Konfirmasi: Pastikan Anda sudah menerima email konfirmasi dari SATU SEHAT Kemenkes setelah mengganti password.
Sudah Pakai Assist Lama Tapi SATU SEHAT Masih 0%?
- Cek Kode API: Pastikan kode API sudah terintegrasi dalam sistem Assist.id.
- Periksa IHS ID: Pastikan NIK tenaga medis dan NIK pasien sudah memiliki IHS ID.
- Verifikasi Pengiriman Data:Pastikan data yang sudah dikirim terlihat di Fitur Registrasi > SATU SEHAT Monitoring.
Logo SATU SEHAT Hilang? Ini Cara Mengatasinya!
- Periksa Kode API: Pastikan kode API masih terintegrasi di sistem Assist.id.
- Cek IHS ID: Pastikan IHS ID pasien dan IHS ID tenaga medis sudah valid dan terdaftar.
- Verifikasi Monitoring Data: Cek kembali data yang sudah terkirim melalui Fitur Registrasi > SATU SEHAT Monitoring
Bagaimana bila ada pasien yang sudah diinputkan NIK dan Dokter sudah ada NIKnya, namun di sistem setelah pendaftaran tidak ada logo Satu Sehat?
- Pastikan pasien dan tenaga medis sudah sama sama memiliki IHS ID, Bila belum memiliki IHS ID maka Pasien perlu download aplikasi satu sehat mobile dan daftarkan diri menggunakan NIKBila dokter → Pastikan NIK sudah terdaftar di SISDMK faskes tempat praktek
- Jika sudah dan logo tetap tidak muncul, kendala bisa langsung diinfokan ke tim Assist.id untuk di cek lebih lanjut oleh Tim IT Satu sehat
Dokter Praktek Mandiri atau Bersama di Lokasi yang Sama? Begini Cara Mengatur Data!
- Praktek Bersama: Untuk dokter praktek bersama, pilih salah satu akun registrasi fasyenkes dan SISDMK salah satu dokter.
- Pengaturan Data Dokter:Atur data dokter agar terdaftar dalam SISDMK yang sama.
- Monitoring SATU SEHAT: Setelah pengaturan, faskes dapat memonitor pengiriman data berdasarkan nama yang terdaftar di akun registrasi fasyenkes.
Informasi Selengkapnya Terkait SATU SEHAT
1. Awas Kena Tegur Kemenkes! Wajib Kirim Data SATUSEHAT Minimal 50%
2. Tanda Fasilitas Kesehatan berhasil Integrasi SATU SEHAT
3. Cara Operasional Sistem Setelah Integrasi Satu Sehat dengan Assist.id
4. Cara Monitoring Data yang Terkirim ke SATUSEHAT
5. FAQ-SATUSEHAT
Helpdesk Assist.id
Terima kasih telah telah setia menggunakan Assist.id, semoga pembaruan ini memberikan kemudahan bagi para pengguna semua. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai produk atau cara penggunaannya, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui :
- Fitur Live Chat di dalam sistem Assist.id yang terletak pada bagian kanan bawah
- Selain itu bisa menggunakan Whatsapps Customer Care Assist.id