Cara Menggunakan Fitur Deposit Pack di Assist.id

Tutorial /ModulAddOn/Cara Menggunakan Fitur Deposit Pack

Fitur Deposit Pack dari Assist.id

Apakah klinik Anda sudah menerapkan sistem deposit untuk pasien? ingin meningkatkan cash flow klinik dengan sistem pembayaran yang lebih aman? Fitur Deposit Pack di Assist.id hadir untuk memberikan kemudahan bagi klinik dalam mengelola pembayaran deposit pasien dengan fleksibel dan efisien. Simak cara penggunaannya serta manfaatnya di bawah ini!

Apa Itu Fitur Deposit Pack?

Deposit Pack adalah fitur yang memungkinkan pasien membayar di muka untuk layanan yang akan digunakan di masa mendatang. Deposit ini bisa menjadi salah satu pilihan karena bersifat fleksibel dapat digunakan untuk berbagai layanan atau spesifik hanya untuk layanan tertentu.

Kenapa Perlu Menggunakan Deposit Pack?

  1. Memberikan fleksibilitas pembayaran untuk pasien
  2. Memastikan komitmen pasien untuk layanan yang telah dipesan
  3. Mendukung perencanaan jadwal yang akurat
  4. Mengurangi risiko kerugian

Dengan add-on Deposit Pack, Anda dapat meningkatkan pengelolaan keuangan bisnis Anda dan mendapatkan keuntungan dari simpanan Anda. Fitur ini tersedia sebagai langganan berbayar, jadi pastikan untuk memeriksa harga dan paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Membeli Fitur Deposit Pack di Assist.id

  1. Pilih Modul Layanan Tambahan.
  2. Kemudian pilih section Add On
  1. Selanjutnya pilih Add On Deposit Pack yang ingin diaktifkan dengan cara klik tombol “Benefit yang didapatkan”
  1. Anda dapat membaca terlebih dahulu penjelasan fitur dan keuntungan fitur Deposit Pack
  1. Klik tombol “Aktivasi Sekarang” kemudian pilih masa berlangganan yang diinginkan dalam satuan bulan
  1. Jika ingin mengaktifkan add-on lebih dari 1 bulan, cukup ketuk ikon "+" untuk menambah durasi. Jika memiliki Voucher, Anda bisa menambahkannya di menu Voucher sebelum melanjutkan pembayaran.
  2. Setelah itu, pilih “Lanjutkan Pembayaran” untuk menyelesaikan proses.
  1. Pilih metode pembayaran yang tersedia dan selesaikan pembayaran
  1. Fitur Deposit Pack akan aktif setelah pembayaran berhasil!

Video Cara Membeli Fitur Deposit Pack

Cara Menyimpan Deposit Pasien di Assist.id

Pasien bisa menyimpan uang muka di klinik jika klinik tersebut meminta uang muka dari pasien.

💡 Penting untuk dicatat bahwa uang muka akan disimpan di data pasien, bukan di kunjungan pasien tersebut.
  1. Pilih Modul Kasir
  2. Kemudian pilih section "Pembayaran"
  1. Pilih atau Cari nama pasien pada Form Pembayaran
0:00
/0:10
  1. Selanjutnya, centang checkbox "Deposit" untuk melanjutkan proses.
0:00
/0:02
  1. Lalu akan muncul form section deposit, anda dapat mengisi Nama deposit, Input Harga.
0:00
/0:08
  1. Selanjutnya lakukan pembayaran deposit pack pada section Pembayaran, jika sudah klik Bayar
0:00
/0:10
  1. Maka Data Deposit Pasien yang telah berhasil di input akan muncul di Tabel Pembayaran, seperti berikut ini
💡 Default masa berlaku deposit adalah 90 hari

Cara Menggunakan Deposit Pack di Assist.id

Pasien dapat menggunakan depositnya setelah selesai berobat saat status pasien sudah "Done", pasien dapat memilih untuk menggunakan deposit yang tersedia. Deposit ini dapat digunakan untuk memotong biaya perawatan sesuai saldo yang ada.

Jika saldo deposit tidak mencukupi, pasien dapat membayar sisa tagihan menggunakan metode pembayaran lain dengan fitur Multipayment, dengan cara sebagai berikut ini:

  1. Pilih Modul Kasir
  2. Langkah selanjutnya pilih section "Pembayaran", lalu klik Tambah Pembayaran atau klik "Bayar" pada pasien yang akan melunasi pembayaran.
  1. Pada form pembayaran, Pilih metode pembayaran "Deposit" lalu pilih metode maka sistem akan otomatis menyesuaikan dengan saldo deposit yang tersedia.
0:00
/0:11
  1. Jika saldo deposit kurang dari jumlah pembayaran, centang checkbox "Multipayment".
  2. Masukkan nominal pembayaran tambahan sesuai metode pembayaran lain yang digunakan.
  3. Setelah semuanya sesuai, klik "Bayar" untuk menyelesaikan transaksi.
0:00
/0:15
💡 Jika saldo deposit masih tersisa, maka saldo tersebut akan tetap tersimpan dan dapat digunakan sebagai metode pembayaran pada transaksi berikutnya jika masih dalam jangka waktu deposit

Cara Perpanjang Masa Berlaku Deposit

Masa berlaku deposit default selama 90 hari, anda dapat perpanjang masa berlaku deposit pasien sebagai berikut ini:

  1. Pilih Modul Office
  2. Kemudian pilih section "History Deposit Expired"
  3. Sistem akan menampilkan tabel "History Deposit Expired".Cari nama pasien yang dipilih, lalu klik aksi "Edit Perpanjangan Deposit" pada kolom Aksi untuk memperbarui masa deposit pasien.
  1. Setelah klik "Muat Ulang", akan muncul form "Perpanjangan Deposit". Anda dapat memilih tanggal deposit baru yang akan dipilih.
  2. Selanjutnya, isi kolom Alasan dengan penjelasan mengapa masa deposit perlu diperpanjang.
  3. Pengajuan perpanjang deposit berhasil anda ajukan dengan status "Pending"
0:00
/0:10

Perpanjangan deposit ini memerlukan approval dari pihak dengan hak akses yang ditentukan klinik. Berikut langkah-langkah untuk proses approval:

  1. Pilih Modul Office
  2. Kemudian pilih section "Keuangan"
  3. Selanjutnya pilih section "DP Expired" untuk dapat melanjutnya proses approval/reject
  1. Anda dapat klik ikon ceklis untuk menyetujui pengajuan perpanjangan deposit.
  2. Setelah itu, akan muncul pop-up form untuk persetujuan perpanjangan deposit. Anda dapat klik "Simpan" untuk menyetujui perpanjangan deposit tersebut
0:00
/0:03
  1. Setelah aksi dipilih, status approval akan berubah sesuai dengan keputusan yang diambil, apakah disetujui atau ditolak.
  2. Jika ingin menolak, klik ikon X untuk reject pengajuan perpanjangan deposit.

Semoga tutorial ini membantu Anda memahami cara menggunakan Deposit Pack dan melakukan perpanjangan deposit dengan mudah. Dengan mengikuti petunjuk diatas Anda dapat dengan mudah menggunakan fitur deposit pack. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi kami 😊

Video Cara Menggunakan Fitur Deposit Pack

Helpdesk Assist.id

Terima kasih telah telah setia menggunakan Assist.id, semoga pembaruan ini memberikan kemudahan bagi para pengguna semua. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai produk atau cara penggunaannya, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui :

  1. Fitur Live Chat di dalam sistem Assist.id yang terletak pada bagian kanan bawah
  2. Selain itu bisa menggunakan Whatsapps Customer Care Assist.id
0:00
/0:11