Cara Menambahkan Data Skrining Gizi

Tutorial /ModulEMR/Cara Menambahkan Data Asuhan Gizi

Skrining Gizi

Skrining gizi bertujuan untuk mengidentifikasi pasien atau klien yang berisiko mengalami malnutrisi, tidak berisiko, atau memiliki kondisi khusus. Data yang akan dikirimkan ke Satu Sehat adalah mulai dari pendaftaran kunjungan, diagnosa, prosedur, resep, order, hasil lab, Asuhan gizi dan Skrining gizi. Pastikan semua data diisi secara lengkap agar dapat terkirim ke Satu Sehat dengan baik.

Pada sistem aplikasi Assist.id dilengkapi dengan fitur data Skrining Gizi yang dapat digunakan oleh petugas kesehatan terhadap pasien. Untuk mengetahui tata caranya, ikuti panduan berikut.

Daftar Isi

  1. Skrining Gizi
  2. Cara Menambahkan Data Skrining Gizi
  3. Helpdesk Assist.id

Cara Menambahkan Data Skrining Gizi

Pastikan anda sudah mendaftarkan pasien melalui Modul Registrasi atau Modul Rawat Jalan dan pastikan status pasien sudah 'engaged' selanjutnya ikuti langkah berikut ini:

  1. Klik Modul EMR lalu pilih atau cari nama pasien
  2. Kemudian klik +Tambah Diagnosa lalu pilih Tambah Rekam Medis Gizi
  1. Selanjutnya, akan muncul formulir "Pilih Jenis Catatan Gizi" Pilih opsi "Skrining Gizi" pada formulir tersebut.
  1. Akan muncul formulir "Skrining Gizi" yang berisi empat jenis skrining gizi sebagai berikut:
  • Skrining Risiko Malnutrisi General (Tidak Terkirim ke Satu Sehat)
  • Skrining Risiko Malnutrisi untuk Usia <18 tahun (Terkirim ke Satu Sehat)
  • Skrining Risiko Malnutrisi untuk Usia >18 tahun (Terkirim ke Satu Sehat)
  • Skrining Risiko Malnutrisi untuk Ibu Hamil (Terkirim ke Satu Sehat)
  1. Jika Anda memilih Skrining Risiko Malnutrisi General (Tidak Terkirim ke Satu Sehat) , maka akan ditampilkan form Skrining Risiko Malnutrisi General , lalu isi parameter pada form sesuai data pasien
0:00
/0:09

Terdapat catatan kesimpulan
- Total Skor 0:
- Tanpa RisikoTotal Skor 1:
- Risiko RendahTotal Skor > 2: Risiko Tinggi

  1. Selanjutnya, klik tombol "Digital Signature" untuk melampirkan tanda tangan perawat atau ahli gizi yang bertanggung jawab di klinik. Setelah tanda tangan digital berhasil ditambahkan, formulir siap untuk disimpan
0:00
/0:08
  1. Jika Anda memilih Skrining Risiko Malnutrisi untuk Usia <18 tahun (Terkirim ke Satu Sehat) , maka akan ditampilkan form Skrining Risiko Malnutrisi untuk Usia <18 tahun , lalu isi parameter pada form sesuai data pasien
0:00
/0:09

Terdapat catatan kesimpulan
- Total Skor 0:
- Tanpa RisikoTotal Skor 1:
- Risiko RendahTotal Skor > 2: Risiko Tinggi

  1. Selanjutnya, klik tombol "Digital Signature" untuk melampirkan tanda tangan perawat atau ahli gizi yang bertanggung jawab di klinik. Setelah tanda tangan digital berhasil ditambahkan, formulir siap untuk disimpan
0:00
/0:05
  1. Jika Anda memilih Skrining Risiko Malnutrisi untuk Usia >18 tahun (Terkirim ke Satu Sehat) , maka akan ditampilkan form Skrining Risiko Malnutrisi untuk Usia <18 tahun , lalu isi parameter pada form sesuai data pasien
0:00
/0:05
  1. Selanjutnya, klik tombol "Digital Signature" untuk melampirkan tanda tangan perawat atau ahli gizi yang bertanggung jawab di klinik. Setelah tanda tangan digital berhasil ditambahkan, formulir siap untuk disimpan
0:00
/0:08
  1. Jika Anda memilih Skrining Risiko Malnutrisi untuk Ibu Hamil (Terkirim ke Satu Sehat)(Terkirim ke Satu Sehat) , maka akan ditampilkan form Skrining Risiko Malnutrisi untuk Ibu Hamil (Terkirim ke Satu Sehat) , lalu isi parameter pada form sesuai data pasien
0:00
/0:05
  1. Selanjutnya, klik tombol "Digital Signature" untuk melampirkan tanda tangan perawat atau ahli gizi yang bertanggung jawab di klinik. Setelah tanda tangan digital berhasil ditambahkan, formulir siap untuk disimpan
0:00
/0:05
  1. Maka data berhasil disimpan dan akan muncul pada timeline EMR pasien. Untuk mencetak data ini, klik ikon printer pada kolom Action
  1. Jangan Lupa! Update Status Kepulangan Pasien di Timeline EMR
Pastikan Anda mengisi data pendaftaran kunjungan, diagnosa, prosedur, resep, order, hasil lab, Rekam Medis Gizi, serta update pulang secara lengkap agar dapat terkirim ke Satu Sehat.

Helpdesk Assist.id

Terima kasih telah telah setia menggunakan Assist.id, semoga pembaruan ini memberikan kemudahan bagi para pengguna semua. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai produk atau cara penggunaannya, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui :

  1. Fitur Live Chat di dalam sistem Assist.id yang terletak pada bagian kanan bawah
  2. Selain itu bisa menggunakan Whatsapps Customer Care Assist.id
0:00
/0:11